RSS : Articles / Comments


Program YPPI Scout

21.18, Posted by YPPI SCOUT, No Comment



Character Building

Program ini bertujuan untuk membangun karakter anggota YPPI scout.

Fokus Utama dalam program character building ada 3 hal yaitu:
  1. Sopan santun
  2. Tata cara berbicara
  3. Bimbingan (moral conducts)

YPPI Scout mempunyai kode etik yang mengharuskan setiap anggota YPPI scout untuk berperilaku yang baik dan sopan. Kalau misalkan mereka melanggar kode etik yang ditetapkan, mereka akan dikenakan sanksi. Sansi yang paling keras adalah mereka dikeluarkan dari keanggotaan.

Program ini dilakukan setiap hari. Supaya pembentukan karakter dapat terwujud secara maksimal.

Project Based Learning

Project based learning adalah suatu metode pembelajaran dimana pusat pembelajaran terletak pada siswa (student centered). Di program ini anggota YPPI scout bebas memilih sendiri project yang ingin dia kerjakan. Karena YPPI scout ingin mengakomodasi multiple intelligence yang terdapat pada diri pribadi anggota YPPI scout. Sehingga mereka nanti lebih banyak menggeluti bidang yang mereka gemari.

Fokus program project based learning YPPI Scout ada 3 hal, yaitu:
  1. Project / research mindset, program ini akan “memaksa” anggota YPPI scout untuk berpikir dengan pola riset / proyek. Form – form yang harus mereka isi dalam project yang akan membimbing mereka.
  2. Synergy dan team work, project dilakukan secara berkelompok dengan anggota maksimal 10 orang. Jadi anggota YPPI scout secara tidak langsung mengembangkan bagaimana bekerja sinergi dan secara kelompok.
  3. Time Management, program ini juga membuat anggota YPPI scout untuk lebih menghargai waktu. Karena jika tidak projectnya tidak akan berjalan dengan lancar.

Dalam prakteknya, anggota YPPI scout akan diberi form-form yang harus mereka isi saat mengerjakan project. Form ini disediakan khusus untuk mengarahkan anggota YPPI scout dalam mengerjakan project. Form ini rencananya akan disediakan dan bisa didownload di situs resmi YPPI Scout di www.Scout.SekolahYPPI.net.

Selain itu program ini dirancang sedemikian rupa supaya anggota YPPI scout menjadi lebih siap untuk bersaing di abad 21.

Pelaksanaan project ditentukan sendiri oleh anggota YPPI scout. anggota YPPI scout juga dibebaskan untuk menentukan jumlah project yang akan mereka buat pada setiap tahun. Project yang dibuat akan dinilai dan masuk dalam credit point.

Crisis Management

Program crisis management adalah program dimana anggota YPPI scout nanti akan mempelajari tentang bagaimana bersikap pada saat terjadi bencana. Program ini bertujuan supaya anggota YPPI scout menjadi pribadi yang tanggap dan bisa bertindak dengan tepat pada saat kepanikan terjadi.

Fokus program crisis management ada 3 hal, yaitu :
  1. Keterampilan dan pengetahuan tentang manajemen krisis.
  2. Teknik bertahan dalam keadaan darurat.
  3. Pelatihan fisik untuk mempersiapkan stamina dan kondisi fisik.

Program ini akan diasuh oleh pelatih dari luar YPPI yang memiliki pengalaman yang luas tentang crisis management. Pelaksanaan program crisis management rencananya akan diselenggarakan secara rutin pada waktu aktivitas rutin pada hari sabtu.

Bilingual Training

Program bilingual traning ini bertujuan supaya anggota YPPI Scout terbiasa untuk berkomunikasi dengan bahasa inggris. Program ini tidak dilakukan dalam kelas khusus, tapi dilakukan dalam berkomunikasi sehari-hari. Pada setiap pertemuan YPPI scout dan rapat koordinasi digunakan dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan Indonesia.

Fokus program ini ada 3 hal yaitu,
  1. Percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris
  2. Presentasi dalam bahasa Inggris
  3. Bahasa Inggris untuk kebutuhan khusus (English for spesial porpuse)

Social Awareness

Program social awareness bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati terhadap sesama yang kekurangan baik secara fisik atau ekonomi.

Fokus program ini ada 2 hal, yaitu
  1. Keprihatinan sosial
  2. Program amal.

Program ini dilakukan sekali dalam 1 semester. Kalau memungkinkan dilakukan 2 kali dalam 1 semester.